Popular

Posted by : shadow


I COMEBACK!!! hehe comebacknya dimulai dengan posting yang emang udah disiapin dari dulu. Agak ribet kalo masih nyari lagi :P Check this out, readers. It about my little note about
Majas – shared from my Indonesian teacher @ SMP : Muslikah, S.Pd.
Contoh Metonimia :
Belikan gudang garam (rokok)
Naik Kijang (mobil)
Mau ke Matahari (tempat perbelanjaan)
Kalo kata saya, ini berhubungan dengan merk :)


Contoh Litotes :
Mampirlah ke gubuk saya (padahal rumahnya seperti istana)
Kalo yang ini terkesan merendah

Contoh Eufimisme :
Permisi, saya mau izin ke belakang (ke kamar mandi)
Makna konotatif lebih sopan :)

Contoh Simile :
Anak itu tidak disukai temannya karena seperti air di atas daunt alas (tidak punya pendirian)
Peribahasa, peribahasa….

Contoh metafora :
Janganlah menjadi sampah masyarakat
Konotatif? Analogi mah kalo kata saya, dibandingkan dengan sesuatu yang sejenis.

Contoh Parsprototo :
Ke mana dira? Saya tidak melihat batang hidungnya… (yang dilihat batang hidungnya aja, padahal maksudnya : dira)
Menyebut sebagian, tapi yang dimaksud seluruhnya

Contoh Totem Proparte :
SMPN 2 menjadi juara II lomba paduan suara (yang menang paduan suara bukan seluruh SMPN 2, tapi hanya sebagian)
Menyebut seluruh, tapi yang dimaksud sebagian.

Selesai! Ini bersifat informasi tambahan, lengkapnya bisa diliat di buku penunjang sekolah. Saya membaginya hanya karena merasa “sayang” sudah mencatat dan biar gak lupa :P
TERIMA KASIH

2 Responses so far.

  1. ai says:

    ada lagi hyperbola... (membesar-besarkan sesuatu)... sayangnya anak sekarang lebih suka menggantinya dengan kata = LEBAY ah

  2. "dira" says:

    hehe iya mbak,hiperbola=lebay ^^ gampang diinget..
    ni cuma yang gak terlalu familiar sih :P
    MAKASIH MBAK AI!

- Copyright © T - Nemen's Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by T - Nemen's -